Stay and Relax

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan Pindah Ke Bali

Banyak orang dari dalam maupun luar negri memutuskan untuk pindah ke Bali. Alasannya, mulai dari karena keindahan alamnya yang menawan, gaya hidup yang santai, masyarakatnya yang ramah, biaya hidup yang relatif terjangkau, serta berbagai alasan lainnya. Selain itu, Bali juga menawarkan peluang bisnis yang menarik di industri pariwisata, kuliner, seni, dan wellness.

Keputusan untuk pindah ke Bali sangat bergantung pada preferensi pribadi masing-masing. Sebelum memutuskan langkah ini, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan agar proses transisi berjalan lancar dan pengalaman tinggal di Bali sesuai dengan harapan.

1. Kenali Kehidupan Sosial dan Budaya
Beradaptasi dengan kehidupan sosial dan budaya di Bali memerlukan pemahaman mendalam tentang tradisi lokal dan etiket yang berlaku. Bali dengan kekayaan budayanya mulai dari upacara keagamaan Hindu yang beragam, adat istiadat yang kental, serta festival budaya, mengharuskan pendatang untuk mengembangkan sensitivitas budaya dan menghormati kebiasaan setempat.

Masyarakat Bali menggunakan baju tradisional saat melakukan upacara keagamaan dan kebudayaan di Bali (Foto. Freepik)

2. Kenali Prosedur dan Birokrasi Yang Berlaku
Persiapkan diri untuk menghadapi perubahan besar dalam lingkungan, gaya hidup, dan interaksi sosial sehari-hari saat memutuskan pindah ke Bali. Hal ini penting karena ketika kita memutuskan pindah, kita harus memiliki ekspektasi yang realistis tentang kehidupan di sana. Meskipun Bali menawarkan keindahan alam dan budaya yang kaya, mungkin kamu juga akan menghadapi beberapa tantangan seperti kemacetan lalu lintas, birokrasi yang kompleks, dan perbedaan dalam peraturan, serta standar layanan yang berlaku di daerah kamu sebelumnya.

3. Persiapkan Keuangan Dengan Baik
Saat pindah ke Bali, pertimbangkan menghitung biaya hidup yang meliputi sewa tempat tinggal, makanan, transportasi, dan biaya utilitas seperti listrik dan air. Selain itu, siapkan dana untuk kebutuhan awal seperti deposit rumah atau apartemen, serta persiapan tambahan untuk menghadapi biaya tak terduga atau emergency fund. Pastikan juga untuk memeriksa peraturan perpindahan dan biaya administratif seperti perizinan atau pajak yang mungkin berbeda dengan daerah kamu sebelumnya.

4. Persiapkan Akomodasi Yang Sesuai
Pindah ke Bali adalah langkah besar yang memerlukan persiapan matang, terutama dalam mencari akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan. Kos bisa menjadi salah satu alternatif yang ekonomis dan nyaman bagi para pendatang baru. Salah satu rekomendasi bagi yang cari kos di Bali adalah Cove.

Foto. Cove Ume Nerus

Terletak di lokasi strategis seperti Denpasar, Kuta, dan Canggu, Cove menawarkan fasilitas lengkap dan pelayanan ramah, serta berupaya menciptakan hunian yang nyaman dan modern dengan menggabungkan teknologi untuk menyediakan sistem penyewaan yang mudah dan lancar. Desain kamar di Cove menggabungkan modernitas dengan sentuhan tradisional Bali, sehingga menciptakan lingkungan yang menarik bagi para penyewa.

5. Perhatikan Fasilitas Yang Tersedia
Jika tujuan pindah ke Bali adalah untuk berkarir atau bisnis, pastikan kamu sudah menentukan peluang tersebut di sana. Selain itu, perhatikan juga sistem pendidikan dan fasilitas kesehatan di Bali apakah sudah sesuai untuk kamu, terutama jika Anda memiliki anak-anak atau berencana untuk memiliki keluarga di sana. Pastikan bahwa kota ini menyediakan sistem pendidikan yang berkualitas dan akses terhadap fasilitas kesehatan yang memadai untuk mendukung kesejahteraan keluarga Anda secara keseluruhan.