INACRAFT 2025 Usung Konsep “Sustainability and Collaboration”
Pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara, The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT), akan kembali digelar pada tanggal 5-9 Februari 2025 di Jakarta International Convention Center (JICC), menempati seluruh hall dengan luas sekitar 24.941 m². Setelah sukses selama 24 kali penyelenggaraan, tahun ini INACRAFT menjadi lebih istimewa karena memperingati ulang tahun ke-25, dengan tema “From Smart Village to Global Market”. Pameran ini diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerja sama dengan Mediatama Event. INACRAFT berkomitmen untuk menjadi wadah promosi produk kerajinan lokal berkualitas, baik untuk pasar domestik maupun internasional, serta untuk mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor kerajinan.
Dengan konsep “Sustainability and Collaboration”, INACRAFT ingin menjadikan momen spesial ini sebagai peringatan 25 tahun mendukung industri kerajinan Indonesia. Fokus utama adalah pada inovasi berkelanjutan dan kolaborasi lintas komunitas untuk mendukung perkembangan kerajinan dan budaya Indonesia. INACRAFT berharap tidak hanya menjadi ajang pameran, tetapi juga sarana edukasi dan sosialisasi yang memberikan manfaat bagi peserta maupun pengunjung. Salah satu bentuk kolaborasi yang ditampilkan adalah “Mbatik 25 Meter”, yang menggambarkan perjalanan 25 tahun INACRAFT, di mana pengunjung dapat berpartisipasi dalam mewarnai kain batik dengan lilin panas, menciptakan motif khas perjalanan INACRAFT.
INACRAFT sejak awal penyelenggaraan selalu diresmikan oleh presiden atau menteri yang ditunjuk dan menampilkan ikon dari berbagai provinsi di Indonesia. Meski sempat terhenti karena pandemi, INACRAFT kini bangkit kembali dan bahkan diadakan dua kali dalam setahun untuk memajukan produk kerajinan Nusantara ke tingkat global.
INACRAFT 2025 mengusung sub-tema “The Cosmological Axis of Yogyakarta, Living in Harmony”, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai ikon pameran. Yogyakarta akan menampilkan produk unggulan serta kekayaan tradisi, seni, dan budaya, seperti Tari dan Musik Karawitan, Trunk Show, dan kesenian lainnya yang dapat dinikmati pengunjung di Icon Stage di Selasar Main Lobby.
Untuk meningkatkan kenyamanan berbelanja, ASEPHI melakukan kurasi peserta pameran berdasarkan jenis produk (zoning). Terdapat 10 area zona, dimulai dari Main Lobby yang menampilkan ikon Provinsi DIY, produk unggulan INACRAFT, barang rumah tangga, dekorasi, alas kaki, tas, barang perjalanan, mainan, hingga produk kerajinan seperti batik, tenun, songket, perhiasan, dan aksesoris. Area lainnya seperti Cendrawasih Hall dan Hall A akan menampilkan produk batik, tenun, dan aksesoris, sementara Assembly Hall, Plenary Hall, dan Lobby Hall B dipenuhi produk multi-kerajinan dari Kementerian dan BUMN. Hall B akan menampilkan produk fashion, muslim fashion, dan bordir, sedangkan area Promenade menyuguhkan batik, tenun, songket, dan ecoprint. Lobby Hall A akan diisi oleh produk premium serta fasilitas dari sponsor dan mitra. Area kuliner, Talam (Kuliner Nusantara), berada di Mezzanine dan Hall B, menawarkan aneka makanan khas Indonesia.
INACRAFT juga mendapat dukungan internasional dari World Craft Council (WCC) dan ASEAN Handicraft Promotion & Development Association (AHPADA) pada International Pavilion di Assembly Hall. ASEPHI kini menjadi bagian dari Executive Board (Vice President) World Craft Council Asia Pacific Regions periode 2025-2028 dan akan menjadi tuan rumah rapat Dewan WCC APR yang dihadiri perwakilan dari 12 negara untuk menyusun program masa depan kerajinan.
Selain pameran produk berkualitas, INACRAFT menyediakan dua panggung untuk berbagai program pendukung (Insight Program) di Selasar Main Lobby (Icon Stage DIY) dan Hall B. Program yang akan digelar meliputi Craft Talks, Craft Workshop, INACRAFT Forum, Cultural Performance, Fashion Show, Business Matching, serta INACRAFT Award, sebagai bentuk apresiasi kepada para perajin dan pengusaha Indonesia yang menunjukkan keunggulan dan inovasi. INACRAFT Award akan diselenggarakan dalam acara spesial “The 25th INACRAFT Anniversary”, untuk menyambut tamu VIP, mitra, dan pemangku kepentingan yang berkontribusi pada kesuksesan INACRAFT. Tahun ini, INACRAFT juga berkolaborasi dengan brand internasional dari Uzbekistan, Kazakhstan, Tajikistan, dan Turkmenistan. Selain itu, ada juga Digicraft Lounge yang menyelenggarakan acara Podcraft, bincang-bincang tentang dunia kerajinan Indonesia.
INACRAFT 2025 akan diikuti oleh 1.061 peserta, terdiri dari 729 stand individu, 199 stand dari Kementerian/Dinas, 25 stand dari BUMN, dan 19 stand internasional. DIY akan diwakili dengan 26 island oleh beberapa kementerian dan mitra INACRAFT. Ada juga 62 peserta kuliner Nusantara di zona Talam. INACRAFT menargetkan 100.000 pengunjung dan 1.000 buyer internasional, dengan target transaksi retail sebesar 100 milyar rupiah dan kontrak dagang senilai USD 1,5 juta.
INACRAFT 2025 didukung oleh berbagai pihak, seperti Pertamina, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU), RSPO, dan Tokopedia sebagai sponsor, serta Bank Mandiri sebagai Official Banking Partner. Sebagai bentuk dukungan kepada pelaku usaha lokal, Bank Mandiri menghadirkan berbagai program menarik, termasuk penukaran Livin’ Poin, cashback spesial, dan raffle dengan hadiah eksklusif.
Fasilitas pendukung lainnya meliputi Official Partner seperti Pos Indonesia (Logistic Partner), Doku (Ticket Partner), Big Bird (Shuttle Partner), serta Official Hotel Partner yang menyediakan akomodasi dengan tarif khusus untuk peserta dan pengunjung domestik maupun internasional. INACRAFT juga menyediakan shuttle gratis di beberapa lokasi, seperti Grand Metropolitan Bekasi, Summarecon Mall Serpong, Margo City Depok, dan Emporium Mall Pluit.
Pameran INACRAFT dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 10:00 hingga 21:00 WIB dengan tiket masuk seharga IDR 35.000. Pengunjung dapat membeli tiket melalui pre-registration di website resmi INACRAFT (inacraft.co.id) atau di box tiket di lokasi pameran. Pembayaran menggunakan Bank Mandiri mendapat diskon, dengan harga tiket Rp25 untuk 50 tiket pertama setiap hari, atau dengan menukarkan 300 Livin’ Poin. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website dan media sosial resmi INACRAFT di Facebook, Instagram, TikTok (@weareinacraft), dan YouTube (We Are INACRAFT).